Mengintip Janin Minggu ke 13-14

Kamis, 29 November 2012

Dia terus tumbuh dan berkembang. Anda pun mengalami perubahan. Wow... si kecil mulai bergerak!

Hampir tiga bulan yang lalu banyak di antara Anda terpaksa menunda kegiatan karena ‘terganggu’ perubahan hormonal, kini sebaliknya, kebanyakan wanita hamil sangat menikmati tiga bulan kedua kehamilan. Mulai sekarang tubuh Anda sudah berhasil menyesuaikan diri dengan kehamilan Anda.

Kalau kehamilan Anda sehat, berarti hampir tak ada lagi rasa lesu, lemah, mual dan ingin muntah, serta sakit kepala yang dulu sempat mengganggu aktivitas. Yang menggembirakan lagi, si kecil kini mulai menyapa Anda.

Minggu ke-13

* PERTUMBUHAN JANIN

Panjang janin sudah mencapai 9,3 – 10,3 cm, dengan berat 50 gram. Kulit tubuhnya masih tipis, sehingga pembuluh darahnya bisa terlihat dari luar. Bulu-bulu halus pun mulai menutupi tubuhnya. Bahkan ada janin yang sudah bisa mengisap ibu jarinya.

Kedua mata, yang semula terlihat agak jauh terpisah, kini sudah mulai terlihat mendekat dan berangsur ‘pindah’ ke bagian depan wajah. Daun telinganya juga sudah mulai tampak tumbuh.

* TUBUH ANDA

Kini kehamilan Anda mulai ‘terlihat’. Jika Anda meraba di bagian bawah perut akan terasa pertambahan ukuran sekitar 7 cm. Mual-mual dan muntah yang selama ini rajin datang, juga sudah mulai berkurang. Makanya, untuk Anda yang suka memasak, kini sudah dapat Anda nikmati lagi.

Minggu ke-14

* PERTUMBUHAN JANIN

Panjang janin menjadi 10,4 - 11,6 cm dengan berat sekitar 80 gram. Tulang yang terbentuk sudah mulai mengeras dan dengan cepat membentuk kalsium. Seandainya pada usia ini dibuat foto rontgent, maka tulang kerangka bayi sudah bisa terlihat.

Selain bulu-bulu halus yang semakin banyak, kuku jemarinya pun mulai terbentuk. Tungkai kaki juga mulai terlihat lebih panjang dari lengannya, dan keduanya mulai bisa bergerak. Gerakan ini dapat terlihat dari pemeriksaan USG.

* TUBUH ANDA

Jika Anda belum dapat merasakan gerakan janin, jangan khawatir. Gerakan janin pada kehamilan pertama biasanya baru dirasakan pada usia kehamilan 16 – 20 minggu,

Banyak wanita hamil mulai suka ngemil. Tak apa, asalkan Anda cari camilan yang bergizi dan mudah mengonsumsinya. Buah-buahan segar bisa jadi pilihan yang baik.

Minggu ke-15

* PERTUMBUHAN JANIN

Sekarang ia berukuran 11 - 12 cm dengan bobot 100 gram. Jika Anda membuka telapak tangan, nah, sebesar itulah janin Anda sekarang.

Pada usia ini lemak-lemak tubuhnya sudah mulai terbentuk. Lemak ini penting untuk melindungi tubuhnya agar tetap hangat.

* TUBUH ANDA

Perut Anda sekarang sudah lebih kelihatan menyembul, sehingga kalau suami Anda memeluk, dia sudah dapat merasakan besarnya rahim Anda. Kalau Anda mau, saat ini Anda sudah mulai dapat memakai busana hamil yang nyaman.

Ada satu hal yang petut Anda perhatikan yakni posisi tidur. Kadangkala terasa tekanan pada pembuluh darah besar yang ada di bagian belakang perut. Makanya, agar lebih nyaman sebaiknya Anda tidak terlalu lama tidur telentang. Sesekali cobalah miring ke arah kanan.

Minggu ke-16

* PERTUMBUHAN JANIN

Pelan-pelan dia terus membesar mencapai 12,5 – 14 cm dan beratnya 150 gram. Saat ini penampilannya sudah mirip manusia, dengan mata yang mulai menempati posisinya. Demikian pula perbandingan panjang tungkai kaki dan lengan yang mulai seimbang.

* TUBUH ANDA

Anda merasa jauh lebih nyaman, janin Anda pun sudah lebih kuat. Kini saatnya Anda beraktivitas kembali.

Anda suka bepergian atau olahraga seperti berenang, jalan kaki atau bersepeda? Silakan lakukan atas persetujuan dokter.

Minggu ke-17

* PERTUMBUHAN JANIN

Si kecil kini sudah 13 – 15 cm dengan berat 200 gram. Sejak minggu ini sampai saat kelahirannya kelak, berat janin akan meningkat sampai lebih dari 12 kali lipat.

Pada usia ini jika ia mengalami gangguan pertumbuhan pada sistem saraf yang dapat menyebabkan terjadinya hidrosefalus (kepala besar karena berisi cairan), bisa segera terlihat melalui pemeriksaan USG. Dokter pun bisa melakukan tindakan medis untuk menolongnya.

* TUBUH ANDA

Jika dilihat dari samping, perut Anda semakin membuncit. Pertambahan berat badan Anda biasanya sudah mencapai sekitar 3,6 – 6,3 kg. Tapi tahukah Anda, ternyata dari berat ini, hanya 200 gram milik janin. Selebihnya, milik plasenta (170 gram), cairan ketuban 320 gram, serta rahim Anda sendiri yang bertambah besar (320 gram). Selain itu, payudara Anda pun ikut bertambah berat (sekitar 170 gram), dan sisanya merupakan peningkatan volume darah serta berbagai persiapan untuk menyusui kelak.

Minggu ke-18

* PERTUMBUHAN JANIN

Bobot tubuhnya sudah 260 gram dngan panjang 14 - 16 cm. Kulit tubuhnya tumbuh dua lapis. Epidermis, yang ada di permukaan, serta dermis yang ada di lapisan dalam. Pada minggu ini, bagian epidermis membentuk empat lapisan, yang salah satunya bertanggung jawab untuk membentuk sidik jari di tangan maupun di kaki.

* TUBUH ANDA

Dokter akan mengukur tinggi rahim Anda. Pengukuran dapat dilakukan dari tulang pubis (tulang kemaluan), atau dari pusar Anda. Ukuran ini perlu untuk mengetahui kapan janin bisa dilahirkan. Atau, jika memang jauh dari ukuran normal, bisa jadi tanda bagi doker untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun jangan langsung khawatir, sebab ukuran perut untuk setiap individu tidak selalu sama. Selama dokter mengatakan tak ada masalah, ya... tenang saja.

Minggu ke-19

* PERTUMBUHAN JANIN

Coba Anda ambil pisang ambon. Ya seukuran itulah si kecil (panjang 18 cm, berat 300 gram). Hebatnya, mulai hari ini perkembangan saluran pencernaannya membuatnya mampu menelan cairan ketuban. Ia minum banyak cairan dan meneruskan bahan-bahan yang tidak dapat diserap ke usus besarnya. Diperkirakan, cairan ketuban itu dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

* TUBUH ANDA

Aha! Kini pinggang Anda sudah betul-betul ‘hilang’ tak berbatas lagi. Dengan tinggi rahim sekitar 21 cm dan pertambahan berat badan sekitar 3,5 - 6,3 kg, penampilan Anda sudah sempurna sebagai wanita hamil.

Kalau aktivitas Anda lebih banyak bertumpu di kaki, adakalanya membuat kaki Anda terlihat membengkak. Cobalah sisihkan waktu untuk berbaring sebentar dengan mengganjal kaki memakai bantal.

Minggu ke-20

* PERTUMBUHAN JANIN

Si kecil bertambah 1 cm menjadi 19 cm dan bobotnya mencapai 350 gram. Kelopak mata dan alisnya mulai terbentuk, dan kuku di jari-jarinya juga sudah mulai tumbuh menutupi ujung jarinya.

* TUBUH ANDA

Puncak rahim Anda sekarang 2 cm di atas pusat, atau sekitar 22 cm dari tulang kemaluan. Saat inilah kehamilan terasa benar-benar nyaman. Tidak terlalu besar, sehingga tidak mengganggu gerakan sama sekali. Anda masih dapat membungkuk atau duduk dengan nyaman.

Boleh dibilang, ini juga merupakan saat yang paling menyenangkan selama hamil. Anda pun kini dapat kembali merawat wajah dengan krim yang pernah membuat Anda mual karena baunya pada trimester pertama.

Minggu ke-21

* PERTUMBUHAN JANIN

Panjang janin sekitar 20 cm dengan berat mencapai 455 gram. Ia sudah tampak seperti boneka. Bulu-bulu di tubuhnya semakin tebal, tubuhnya lebih berisi, meski kulitnya masih keriput.

* TUBUH ANDA

Berat badan Anda biasanya bertambah sekitar 5,5 - 6,8 kg. Wajah Anda juga tampak lebih berisi, sementara perubahan tubuh tidak terlalu berbeda dengan minggu lalu.

Minggu ke-22

* PERTUMBUHAN JANIN

Tubuhnya memang hanya bertambah 1 cm tapi beratnya 540 gram. Meski wajah dan tubuhnya sudah lebih tampak seperti bayi baru lahir, tapi ia masih terlalu kecil untuk lahir. Diperkirakan, pada minggu ini janin sudah dapat mendengar suara-suara dari luar.

* TUBUH ANDA

Tinggi puncak rahim Anda kini sekitar 24 cm. Sebagian dari Anda ada yang merasakan sesak napas, yang mungkin disebabkan terlalu banyak makan sebelum tidur malam. Untuk mengatasinya, makanlah dalam jumlah kecil tetapi sering dengan makanan yang bergizi. Jangan langsung tidur setelah makan.

Minggu ke-23

* PERTUMBUHAN JANIN

Ukurannya sekitar 22 cm dengan bobot tubuh 550 – 650 gram. Namun, setiap janin mempunyai berat dan panjang yang tidak selalu sama. Jadi, jika janin Anda agak berbeda sedikit dengan ukuran tersebut, tak usah terlalu khawatir. Yang penting, dokter menyatakannya normal.

* TUBUH ANDA

Tinggi rahim Anda sekarang 25 cm. Besar rahim Anda hampir sama dengan bola sepak. Puncak rahim berada di tengah-tengah antara bagian bawah tulang dada dan tali pusat. Dengan semakin melarnya perut, kulit perut pun akan tertarik sehingga kadang-kadang terasa gatal.

Minggu ke-24

* PERTUMBUHAN JANIN

Kini panjang tubuhnya mencapai 23 cm, sedang berat tubuhnya sekitar 650 – 750 gram. Tubuh janin sudah lebih berisi lagi. Ia juga sudah mulai punya pola tidur sendiri. Anda pun dapat merasakannya. Coba perhatikan, ada waktu-waktu tertentu dia sangat aktif, sementara pada waktu lain jadi anteng.

* TUBUH ANDA

Pertambahan berat badan Anda pada minggu ini biasanya sekitar 7,2 – 9,9 kg. Dengan semakin besarnya rahim, terkadang muncul rasa pegal sedikit di daerah punggung atau pinggul, juga kram kaki dan agak pusing. Untuk mengatasinya, lakukan olahraga ringan, sehingga peredaran darah Anda lancar.

0 komentar:

Poskan Komentar